Kamis, 10 Februari 2011

Parasite Eve 2 - PS1/PSX





Parasite Eve 2

Parasite eve 2 adalah game PS1 yang dipublikasikan oleh SquareSoft pada tanggal 16 Desember 1999. Game ini bergenre Action RPG. menurut saya pribadi, game ini lumayan sulit dimainkan karena banyak sekali teka teki disana sini yang menyusahkan player.
Game ini sudah mempunyai graphic yang bagus dengan 3D dan mode pertarungan yang bebas, bila player dapat menggunakan senjatanya dengan baik mungkin tidak akan terkena damage saat bertarung, beda dengan permainan Role-Play. Namun taktik yang diperlukan dalam memainkan game ini tidak kalah rumit dari permainan Role-Play.


The Story...

Pada tanggal 4 Desember 2000 di Akropolis Tower, Los Angeles terjadi kecelakaan besar besaran yang disebabkan oleh pria misterius pemburu mitokondria langka.
dia meledakan bagian bagian dari gedung akropolis demi mendapatkan sample mitokondria yang telah tersebar didaerah itu, mitokondria bervirus itu menyebabkan penyakit yang dapat membuat manusia tak sadarkan diri dan berubah menjadi sosok yang mengerikan. kejadian ini merupakan kesalahan Scientist yang ber-eksperimen dan menyebabkan terjadinya kegagalan DNA.

Aya Brea, perempuan ini adalah seorang NMC (Neo-Mitochondrion Creature) Hunter. dia bekerja untuk FBI. dan dia juga adalah member dari Mitochondrion Investigation and Suppression Team (M.I.S.T) di Los Angeles. Wanita ini akan mengungkap apakah sebenarnya NMC itu dan siapa dibalik semua ini.

Aya berjalan menuju polisi yang sedang bertugas menyelamatkan korban dari insiden tersebut dan bertanya tentang keadaan didalam. pada akhirnya Aya memutuskan untuk masuk sendirian kedalam gedung untuk melihat sendiri. pada awal naik lift langsung akan ada Cutscene, lihat baik baik disebelah kiri Telfon, akan ada sesosok NMC. Telfon pun berbunyi, ternyata dari markas besar M.I.S.T , dia adalah Rupert, seorang NMC hunter juga sama seperti Aya. dia menanyakan keadaannya disana. namun tidak ada satu police ataupun civilian yang selamat dari insiden tersebut. Aya berkata untuk memanggil bantuan. namun Rupert tidak dapat berjanji bahwa bantuan akan datang dengan segera. so, Rupert bergegas membantu Aya dan pergi kegedung tersebut.


terdapat banyak sekali jalan disana, ada 3 cabang jalan. player bebas memilih jalannya untuk membantai NMC liar demi mendapatkan Ending yang baik. Jalan yang asli adalah ke arah pintu kaca disebelah kanan Telfon. disana akan ada sedikit Cutscene. ada seorang S.W.A.T yang terluka sangat parah. dan memberikan Aya sebuah 'Cafeteria Key' . S.W.A.T yang terluka itu mengatakan bahwa ada seorang Survivor Wanita di dalam cafeteria tersebut. langsung saja mencari jalan kedua. akan ada sebuah Cutscene lagi. yang ini agak menjijikan. sesosok NMC memakan tubuh seorang S.W.A.T lain hidup -hidup. bertarunglah melawan NMC itu dan selamatkan S.W.A.T tersebut.


pada akhirnya tetep aja sih S.W.A.T nya mati. dia berkata kepada Aya untuk cepat lari dan pergi dari sini selagi dia bisa, NMC tersebut sangat mematikan. Aya menyesali dirinya karena terlambat menyelamatkan orang ini. langsung masuk ke Cafeteria. akan ada sebuah Cutscene Movie. ada seorang Wanita yang duduk di meja makan Cafeteria. saat Aya memegang pundaknya. wanita tersebut jatuh ke lantai. terkulai. namun dengan seketika tangan wanita tersebut menyusut, mukanya berubah menjadi sangat mengerikan, tulang punggungpun keluar dari punggungnya.



Nih Screenshot pas wanita itu jadi NMC :

Lawan NMC sub-Boss ini dan kalahkan. player akan mendapatkan sebuah Chip dari tubuh NMC tersebut dan menyimpannya. ditempat awal ini bila ada sebuah alur permainan yang salah sedikit saja. event event yang akan ada dalam stage 2 dan ke 3 pun akan kacau semua. sehingga tamatnya game ini serasa tidak sempurna. (saya belum pernah sempurna nih, gagal terus di event hampir terakhir, nyesel banget 7 jam sia sia dan gagal pada event terakhirnya aja, Tinggal 1 event lagi sempurna padahal!!!)


cari jalan dan pecahkan teka teki yang ada ditempat ini. pergi ke arah gereja, disana akan ada Cutscene lagi, didalamnya ada Rupert. dia hampir dibunuh oleh seseorang misterius bernama, No.9, dia adalah seorang NMC Hunter dan pemburu Mitokondria langka. tampaknya makhluk ini ingin melakukan experimen besar besaran. makhluk itu pergi sesaat bertemu Aya. singkat singkatnya cerita di Story pertama ini, pergi ke arah Rooftop, sekarang saatnya Aya bertarung melawan No.9 . kalahkan dan akan ada Cutscene lagi, Gedung Akropolis ini diledakan oleh No.9, dia berhasil kabur dari ledakan tersebut, begitu juga dengan Aya dan Rupert. sungguh Miracle sekali pesawat bantuan dari S.W.A.T datang menjemput di waktu yang tepat.

5 September, 2000 pukul 01.44 dini hari, Aya dan Rupert kembali ke markas M.I.S.T , nampaknya mereka berdua berhasil menyelesaikan misi mereka, namun dengan kegagalan yang fatal karena meledaknya gedung Akropolis. Atasan mereka memberikan tugas lagi dan langsung menunjuk Aya brea untuk menyelesaikan misi ini dengan cepat dan rapih. dia mendapatkan kabar bahwa di daerah tengah tengah gurun pasir bernama 'DryField' terjadi banyak sekali angka kematian hewan gembala. kematian hewan hewan ini sangat tidak wajar, dalam satu malam saja hewan gembala ini mati dengan jumlah ratusan. dan saat kematiannya, bangkainya tidak ada. dan dikabarkan ada serangan dari NMC sejenis hewan di daerah DryField tersebut.

Welcome to DryField...

DryField adalah stage 2 dari game ini, tetapi ternyata ada misteri dibalik daerah penginapan ini. ternyata Daerah DryField ini adalah daerah yang menyambung pada stage terakhir. di daerah adalah tempat berburu NMC yang sangat luas. ada Motel Room 1 ~ 7, Mini Market, Bar, Sewer, dan underground passage. semuanya dihuni oleh NMC yang rata rata berbeda dari NMC yang player temukan di stage 1. Aya brea mencari tau daerah ini. awal cerita cari bangunan tua kecil yang merupakan bengkel dari seorang Survivor disini yaitu Gary. pada saat pertemuan pertama Aya ditodong oleh Gary dengan Snipernya. namun saat aya memperlihatkan M.I.S.T & FBI Badge kepada Gary, dia percaya bahwa Aya juga seorang Survivor, sama sepertinya. Gary memberikan Kunci Motel no.6 untuk Aya menginap disana. pergi ke lantai 2 dan buka pintu motel no.6 akan ada sebuah Cutscene lagi disana. dibalik sana ada sebuah Water Tower yang besar dan ada seseorang lagi disana tampaknya. bertarung dengan NMC - NMC berbentuk kuda (Dessert Chaser) disana, lumayan banyak siapkan amunisi yang banyak dan kalau bisa, bila player sudah mencapai tempat ini diwajibkan mempunyai senjata M4A1. Sesungguhnya senjata itu adalah senjata yang sangat penting sampai akhir game.

Kyle Madigan, kepanjangan nama dari orang ini. sebut saja Kyle. dia bertemu Aya di atas Water Tower dan sepakat untuk berburu NMC bersama sama. dia adalah seorang P.I. (maaf saya ga tau singkatannya) yang bekerja juga kepada FBI dalam menangani kasus Neo-Mitochondrion ini. lumayan ngebantu sih orang ini kalo jadi Parameter. singkat cerita mereka berpencar untuk membasmi para NMC ini. player disuruh pergi ke rumah Gary yang tepatnya dibelakang halaman Bengkel itu. dapatkan berbagai 'Key Item' disana seperti 'Rope'. barang tersebut akan berguna nantinya. gunakan Rope di sumur bagian luar bengkel Gary. pasangkan Rope disana dan turun Underground Passage. telusuri ruang bawah tanah ini, ada sub-boss juga. gampang. akan ada tangga keatas menuju Mini Market yang tertutup. cari pintu arah barat, disana ada teriakan seorang perempuan paruh baya, namun saat Aya hendak membuka pintu, pintunya terkunci, di ruangan kedua ada sebuah lemari yang dapat digeser. kembali ke Gary dan tanyakan apakah ada barang barang yang bermanfaat di bengkelnya. dapatkan 'Monkey Crowbar' disana, kembali ke tempat lemari itu dan buka mur nya satu persatu. ada lubang besar dibalik lemari tersebut. didalamnya ada si No.9 sedang menyiksa perempuan paruh baya tadi sampai mati. kalahkan No.9 dan lihat cutscene berikutnya. Aya dikalahkan oleh No.9, No.9 menggunakan kekuatan mental yang mengganggu pikiran Aya. Ayapun pingsan tak sadarkan diri.


tidak terasa Aya pingsan selama berjam - jam, dan sekarang sudah malam, Kyle datang menolong Aya namun dengan Reflek Aya menggunakan magic Combustion! (Fireball kalo game Role-Playnya). Madigan menjadi Parameter secara sementara. temui lagi si Gary halaman belakang bengkelnya, ada 2 NMC baru disana, yaitu Zebra Stalker. bantai , lewat masuk ke rumah kediaman Gary. bisa beli senjata yang banyak juga disana. penuhkan amunisi dan beli yang banyak amunisi Granade (saya saranin sih abisin aja duit daripada mampus ngelawan boss ditempat ini nantinya). di kasih Motel Lobby Key oleh Gary. pergi kesana pecahkan misterinya dan finalnya pergi ke kamar Motel No.6 dan Sleep. ada Cutscene lagi.


Saat Aya tertidur pulas, dia dibangunkan oleh suara suara dari Televisi, di bangun dan melihat ada yang berubah dari kamarnya, bingkai foto yang terbuat dari tulang kepala domba miring 20 derajat. Aya berpikir sejenak, mungkin hanya halusinasinya saja. dia beranjak dari kamar tidurnya menuju kamar mandi. nih Cutscene dikamar mandi. shower dinyalain ya gitu deh. (Kagak ada porno tenang aja hahahaha) saat keran shower dimatikan. Aya memandang kebawah lantai dengan pandangan kosong. Air dilantai seperti bergetar sedikit. dia berpikir, sebenarnya guncangan apa ini. segera menghentikan aktifitas mandinya dan pergi keluar bergegas melihat ada apa. ternyata... Cutscene lagi cooy! (bosen Bosen dah liat Cutscene molo).

ternyata ada sesosok monster yang sangat besar di luar sana yang berjalan menuju arah Motel DryField. saya sendiri ga tau itu NMC apaan bentunya aneh, setengah orang setengah banteng gitu, ada Flame Thrower lagi dimulutnya. bertarung ayo bertarung! gunakan Granade Launcher, kira" perlu 20 ~ 27 Amunisi Granade untuk ngebunuh Boss ini. kalo ga ngebunuh kurang dari 7 menit, bakal dapet ending jelek loh. abis ini kelar gitu. pergi ke Gary, Gary akan meminjamkan Truknya untuk perjalanan Aya dengan Madigan untuk keluar dari tempat ini. Ganti ke DISC 2 deh..

ya gitu deh di Disc 2 ada Cutscene di awal awalnya. kalo diceritain semua ga seru nantinya, mending main deh di PSX kalo PS1nya udah ga ada. jauh jauh Cerita, di daerah Shelter tersebut ada sebuah pulau rahasia yang disembunyikan perusahaan ARK untuk ber-eksperimen tentang NMC dan juga percobaan Genetik lainnya. ditempat ini No.9 menyandra anak kecil, wajahnya mirip sekali dengan Aya, dia bernama Eve. anak ini diculik dan diajarkan untuk mengendalikan NMC, anak ini sangat polos. dia dikendalikan oleh sebuah alat bernama BrainChip, sehingga dia dapat mengendalikan NMC semaunya.

Nih Screenshotnya Eve, lucu yah

Pokoknya ini anak bakal ngebawa player ketempat boss akhir intinya. abis ngebebasin anak ini dari perangkap BrainChip. pergilah bergegas keluar bersama Eve. jangan biarkan Eve menghirup gas beracun itu lama, karena Eve menjadi parameter mu sekarang. sangat merepotkan membawa anak kecil yang tidak dapat melakukan apa apa.
nanti dia diluar bakal lari sendiri setelah menghirup udara segar. diculik lagi deh sama No.9 (ya Allah, udah lama lama nyari, nyelametin di ambil lagi ya hahaha. emang muter muter main game ini.)
abis Eve diculik No.9 minta bantuan dari Golem, yaitu makhluk ciptaan ARK bentuknya sama seperti No.9 tapi hanya A.I. (Artificial Intellegence) saja tidak sesempurna No.9 . yah lanjut cerita ke boss akhir. bila player benar benar mengikuti semua jalan cerita yang sempurna seperti menyelamatkan Pierce (Teman baik Aya, yang jatuh hati pada Aya), memberikan boneka ke Anjingnya Gary tentang keberadaan Eve, Menyelamatkan anggota Military yang terluka terkena virus neo-mitokondria di akhir, dan juga Rate membasmi NMC sekitar 80 ~ 90%. kalian akan mendapatkan Tamat yang istimewa. sebuah Tamat yang beda dari saya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar